Selasa, 25 Januari 2011

Gamelan Jawa dipentaskan Oleh Mahasiswa Asing | Visijobs

Gamelan Jawa dipentaskan Oleh Mahasiswa Asing | Visijobs

(Visijobs-Kampus Info) - Sebanyak 16 mahasiswa Institut Musikologi Universitas Wina tampak terampil mementaskan musik gamelan Jawa dengan melantunkan lagu-lagu Jawa seperti Ricik-Ricik Surakarta, Suwe Ora Jamu, Wedharing Tyas, dan Jaranan di ruang serba guna KBRI/PTRI Wina.

"Kepiawaian mahasiswa musik di WIna itu membuat hadirin yang memenuhi ruang serbaguna KBRI/PTRI terpesona mendengarkan irama musik yang terdengar unik di telinga mereka," ujar Konsul KBRI Wina, Sulistijo Djati.

Ia mengatakan pentas gamelan itu merupakan bagian akhir dari kegiatan pelajaran musik gamelan semester musim dingin 2010/2011 pada Institut Musikologi Universitas Wina. Kerja sama antara KBRI/PTRI Wina dengan Institut Musikologi itu telah berlangsung untuk keempat kalinya dengan memasukkan pelajaran musik gamelan Jawa dalam kurikulum akademik Institut Musikologi.

Dalam sambutannya, Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja menyampaikan selamat kepada para peserta yang telah melalui masa-masa pembelajaran selama satu semester dengan sukses. "Dengan berakhirnya pelajaran gamelan di semester ini, bukan berarti berhenti pula kegiatan berlatih. KBRI/PTRI Wina selalu terbuka sebagai tempat belajar," katanya. Dubes berharap para mahasiswa datang dan bergabung dengan kelompok gamelan yang sudah ada untuk memperdalam ketrampilan yang telah dimiliki.

Sementara itu, pembimbing pelajaran musik pada Institut Musikologi, Prof. Regine Algayer Kaufmann, menyampaikan penghargaan kepada KBRI/PTRI Wina yang memberikan kesempatan kepada Institut untuk mengajarkan mahasiswa teori maupun praktik gamelan guna memperluas wawasan musik mereka sehingga akan dapat berlangsung lebih langgeng.

Institut Musikologi Universitas Wina merupakan salah satu institut musik yang tertua di negara berbahasa Jerman. Perhatian utama untuk para mahasiswanya adalah mempelajari musik yang `Non Eropa` tidak hanya diberikan secara teori, tetapi juga memiliki kesempatan mendalami budaya asing. Pelajaran gamelan yang diberikan kepada para mahasiswa tersebut dilakukan di kantor KBRI Wina dengan pengajar Suryanto dan Tajan Tamiharja, warga masyarakat Indonesia di Wina.

Berita ini ditayangkan di http://www.visojobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar