Rabu, 23 Februari 2011

Malang Tidak Kirim TKI Informal | Visijobs

Malang Tidak Kirim TKI Informal | Visijobs


(Visijobs-News) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang, Jawa Timur, mulai 2009 sudah tidak mengirimkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI/TKW) informal (nonketrampilan) ke Malaysia.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Malang Djaka Ritamtama mengatakan, jauh sebelum Pemprov Jatim akan menghentikan TKI informal pada 2014, Kabupaten Malang sudah melakukannya sejak 2009, namun masih sebatas pengiriman ke Malaysia saja. "Kebijakan untuk tidak mengirim TKI informal ini belum bisa dilaksanakan untuk seluruh negara tujuan, seperti Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, dan Singapura. Kami baru bisa menghentikan pengiriman TKI informal ke Malaysia saja," tegasnya.

Namun demikian, kata Djaka, seluruh TKI/TKW nonketrampilan tersebut sebelum diberangkatkan ke negara tujuan telah dilatih ketrampilan sesuai bidang kerjanya selama enam bulan penuh serta bahasa negara tujuan. Dengan dihentikannya pengiriman TKI/TKW nonketrampilan ke Malaysia tersebut, bukan berarti dihentikan sama sekali. Kabupaten Malang tetap mengirimkan TKI/TKW ke Malaysia rata-rata sebanyak 500 orang per tahun. Hanya saja, katanya, para TKI/TKW yang dikirim tersebut adalah mereka yang memiliki ketrampilan atau tenaga formal. Sebagian besar adalah tenaga yang memiliki ketrampilan di bidang industri.

Berdasarkan data di Disnakertrans Kabupaten Malang, TKI/TKW yang dikirimkan ke berbagai negara tujuan, baik yang formal maupun informal rata-rata mencapai 4.000 orang per tahun. "Secara perlahan TKI/TKW yang kita kirim ke berbagai negara tujuan ini adalah mereka yang memiliki ketrampilan (formal). Mudah-mudahan pada 2014, kebijakan yang dikeluarkan Pemprov Jatim sudah bisa diterapkan sepenuhnya," tegas Djaka.

Daerah kantong TKI di Kabupaten Malang mencakup beberapa kecamatan, terutama yang berada di kawasan Malang Selatan, di antaranya adalah Kecamatan Bantur, Gondanglegi, Dampit, Donomulyo, dan Sumbermanjing.


Berita ini ditayangkan di http://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar