Selasa, 22 Februari 2011

Mantan Jukir ITB Direkrut Jadi Sopir Taxi Bike | Visijobs

Mantan Jukir ITB Direkrut Jadi Sopir Taxi Bike | Visijobs

(Visijobs-Kampus Info) - Taxi Bike di Bandung muncul begitu saja karena Doddy Prapanca dan teman temannya di Institut Teknologi Bandung (ITB) merasa kasihan kepada juru parkir (jukir) yang di-PHK oleh ITB. Mereka akhirnya merekrut mantan jukir untuk menjadi sopir Taxi Bike. "Mereka ini asalnya tukang parkir di kampus ITB. Mereka dipecat karena kampus sudah pakai secure parking," ujar Founder Taxi Bike, Doddy Prapanca kepada detikbandung.

Kemudian ia dibantu teman-temannya membuat alternatif transportasi roda dua yang bisa menjadi lahan rezeki bagi mantan jukir. "Makanya kita bikin taksi motor. Sekarang ini kita masih non profit, asal ada uang untuk sehari-hari saja buat mereka," ujar Mahasiswa ITB jurusan Teknik Industri 2006 ini.

Mantan jukir ini jumlahnya tujuh orang. Kebanyakan mereka mempunyai keluarga. Mereka pun saat ini bisa mendapat penghasilan kembali. "Ya memang belum banyak, tapi lumayan lah buat makan sehari-hari dan buat beli susu anak mereka," ujar Doddy.

Salah satu sopir Taxi Bike, Budiono (44), menuturkan suka dukanya menjadi sopir Taxi Bike, ia mengaku senang bisa membuat dapurnya mengepul kembali. "Suka dukanya nyari alamatnya susah, pernah kejadian juga hujan-hujanan, waktu sudah mau sampai tempat malah enggak jadi orangnya," tutur Budiono.

Hal serupa dituturkan Yono (31), ia mengaku memang masih banyak hambatan karena masih baru tapi lebih dari itu banyak suka cita yang ia rasakan. "Sukanya ada yang ngasih tip. Sehari pendapatan 20 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah per hari. Alhamdulillah masih lancar sejauh ini," tutur Yono.

Jangan khawatir, sopir Taxi Bike tetap menaati aturan lalu lintas saat mengendari. Mereka sudah punya aturan kecepatan sendiri. "Aturannya di bawah 60 kilometer per jam. Sudah patokan dari sana," kata Yono.

Namun dibalik girangnya karena mendapatkan pekerjaan lagi, mereka juga ada kekhawatiran dengan tukang ojek. "Takut sih kadang. Tapi kan kita ada sistemnya, enggak mangkal," kata Yono yang menganggur satu bulan sejak di PHK menjadi jukir.


Berita ini ditayangkan di http://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar