Kamis, 31 Maret 2011

Malaysia Butuh 150.000 Tenaga Kerja Asing | Visijobs

Malaysia Butuh 150.000 Tenaga Kerja Asing | Visijobs

(Visijobs-News) – Sepanjang 2011 ini, Malaysia diperkirakan membutuhkan banyak tenaga kerja asing (TKA) sektor formal seperti konstruksi, pabrik, perkebunan, jasa dan pertanian. Diperkirakan jumlahnya mencapai sekitar 150 ribu orang guna mendukung pembangunan ekonomi di negeri ini.

“Kita berharap sekitar 75.000 atau 50 persennya bisa diisi tenaga kerja Indonesia (TKI),” kata Atase Ketenagakerjaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia, Agus Triyanto AS di Kuala Lumpur. Jumlah tersebut, kata Agus, belum termasuk dengan kebutuhan masyarakat Malaysia untuk tenaga penata laksana rumah tangga (PLRT).

Menurut Agus, para TKI yang akan memasuki pekerjaan di sektor tersebut tentunya harus mempersiapkan mental untuk hidup mandiri, bekerja keras dan siap bekerja sesuai dengan aturan negara lain. “Mental TKI harus siap saat bekerja di luar negeri. Selain itu, ketrampilan (skill) juga harus memadai dan sesuai dengan kebutuhannya,” katanya.

Agus mengingatkan, para TKI yang mau bekerja di Malaysia haruslah memiliki dokumen yang lengkap, sesuai prosedur, mengikuti aturan yang digariskan pemerintah kedua negara.

Sementara itu, kata Agus, dalam tiga bulan ini, sejumlah perusahaan di Malaysia mengajukan permintaan untuk 26.600 tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor formal sebagai tenaga kerja perkebunan, pabrik, konstruksi dan jasa, namun yang baru bisa terealisasikan sekitar 6.000 pekerja.

Berita ini ditayangkan di http://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar