Selasa, 23 Agustus 2011

BlueScope PHK 1.000 Karyawan | Visijobs

BlueScope PHK 1.000 Karyawan | Visijobs

(Visijobs-News) - BlueScope Steel Australia mengumumkan rencananya untuk menutup tungku semburnya, meninggalkan bisnis ekspor dan memangkas 1.000 tenaga kerja. Serikat pekerja pun memperingatkan sektor manufaktur Australia menghadapi krisis terburuk dalam beberapa dasawarsa.

Perusahaan baja terbesar Australia itu mengumumkan rugi bersih yang cukup mengerikan hingga AU$ 1,05 miliar (US$ 1,09 miliar) untuk tahun fiskal yang berakhir hingga 30 Juni, dibandingkan laba yang dicetak sebelumnya sebesar AU$ 126 juta. Penjualan ekspor mencatat kerugian hingga AU$ 487 juta selama periode tersebut.

Kraehe menyebut beberapa faktor penyebab seperti penguatan dolar Australia, harga baja rendah dan tingginya biaya bahan. Dikombinasikan dengan permintaan rendah karena krisis keuangan global, ia menilai reformasi sangat diperlukan untuk industri ini. Perusahaan akan menutup blast furnace di Port Kembla, selatan Sydney, dengan PHK mencapai 800 dan menutup pabrik Hot Strip di Melbourne timur yang akan mengurangi 200 tenaga kerja.

Sekretaris Nasional Serikat Pekerja Australia Paul Howes mengingatkan industri manufaktur negara itu sedang menghadapi salah satu periode terburuk sejak depresi besar sehubungan dengan komoditas yang terkait dengan dolar Australia. "Hilangnya jumlah pekerjaan secara tragis pada hari ini mengirim sinyal yang jelas bahwa manufaktur Australia sedang menghadapi krisis terburuk sejak Depresi Besar," katanya.

Pengumuman BlueScope datang setelah raksasa baja Australia yang lain, OneSteel, mengatakan minggu lalu akan memberhentikan 400 karyawan karena permintaan lemah.

Berita-berita menarik lainnya hanya di http://www.visijobs.com/beta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar