Kamis, 27 Januari 2011

Mengatasi Kantor yang Membosankan | Visijobs

Mengatasi Kantor yang Membosankan | Visijobs

(Visijobs-Tps & Career) - Kantor sudah bukan lagi tempat Anda mengaktualisasi diri. Semua berjalan begitu-begitu saja dan…ini yang paling menyedihkan: Anda bekerja hanya untuk mendapatkan gaji. Kenapa sih kantor begitu membosankan?

1. Tidak bersemangat bangun pagi

2. Selalu punya alasan untuk tidak masuk kantor

3. Rajin melihat kalender untuk memngecek beberapa hari tanggal gajian tiba

4. Mudah mengantuk

5. Badan terasa lunglai

6. Sering bermain game/chatting saat jam kerja

Jika Anda merasakan minimal 3 hal yang disebutkan diatas. Maka kemungkinan besar anda terserang kebosanan dikantor. Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan kebosanan anda:

1. Terlalu sedikit, anda hanya diberi sedikit tanggung jawab. Pekerjaan untuk minggu ini dapat diselesaikan hanya dalam waktu 1-2 hari. Aktivitas yang hanya sedikit ini dapat membuat anda menjalani hidup dikantor

Solusinya: Cari tahu mengapa anda hanya diberikan sedikit pekerjaan dan mintalah pekerjaan tambahan pada atasan anda.

2. Terlalu gampang, tanpa perlu berpikir keras anda dapat menyelesaikan pekerjaan anda. Pekerjaan seperti ini lah yang membuat anda merasa bosan.

Solusinya: Amati pekerjaan kantor secara menyeluruh dan carilah permasalahan yang dapat menantang potensi anda.

3. Tidak variatif, pekerjaan yang ada dihadapan anda itu, itu lagi tidak ada variasinya sama sekali. Begitu tidak variatifnya pekerjaan yang anda hadapi tidak hanya dapat menyebabkan kebosanan tapi juga frustasi.

Solusinya: Tawarkan diri anda kepada teman anda untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya dan pastikan bahwa teman anda tidak terganggu.

4. Suasana monoton, suasana kerja yang superformil (apalagi jika anda menyukai situasi informal) dan tenang dapat membuat anda sangat bosan. Anda akan mudah mengantuk, bahkan berlama-lama diakntor saat jam makan siang.

Solusinya: Bangunlah suasana yang lebih menyenangkan, berkomunikasilah dengan teman anda siapa tahu anda dapat membangun keceriaan dikantor.

5. Miskin feedback, hubungan anda dengan atasan hanya sebatas menerima dan menyerahkan order atau bahkan anda tidak pernah tahu apa yang diharapkan atasan anda. Parahnya lagi anda tidak tahu perusahaan ini akan berjalan kemana. Bahanya, anda tidak akan berkembang dan tidak ada hal baru yang dapat membuat anda lebih pintar.

Solusinya: Saat anda menyerahkan order tanyakan pendapat anda dan tanyalah harapannya terhadap pekerjaan anda,

6. Kebijakan satu arah, terkadang perusahaan membuat kebijakan-kebijakan yang dapat memojokan karyawannya. Apalagi kalau kebijakannya dapat membatasi “ruang gerak” anda untuk mengembangkan potensi yang anda miliki. Bahayanya, anda merasa tidak nyaman selama bekerja dikantor.

Solusinya: Sampaikan masukan pada manajemen anda baik secara lisan maupun tulisan. Apabila manajemen tetep menutup telinganya intuk mendengarkannya dan anda sudah merasa sangat tidak nyaman selama bekerja dikantor maka ada baiknya anda mulai mencari pekerjaan baru lagi.

Ditayangkan di http://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar