Kamis, 27 Januari 2011

UGM Siap Ganti Rugi | Visijobs

UGM Siap Ganti Rugi | Visijobs

(Visijobs-Kampus Info) - Konon, crop circle di Berbah Sleman dibuat oleh enam mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Jika itu benar, universitas yang terkenal dengan sebutan 'Kampus Biru' itu siap pasang badan untuk para mahasiswanya.

"Kalau itu benar mahasiswa MIPA dan sudah ketemu nanti, kita akan bantu ganti ruginya," kata Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UGM Dr Chairil Anwar usai menghadiri Wisuda Pasca Sarjana UGM di Gedung Sabha Pramana (GSP), Yogyakarta.

Namun menurut Chairil, hingga saat ini, belum ada satupun mahasiswanya yang mengakui pembuat pola misterius di areal persawahan itu. Dekanat MIPA masih menyelidiki kebenaran tulisan blog yang mengklaim bahwa pembuatnya adalah mahasiswa-mahasiswa UGM. "Sampai saat ini memang belum ada mahasiswa yang mengaku. Kita juga belum tahu apakah benar mahasiswa MIP UGM atau bukan," kata Chairil.

Menurut Chairil, aksi membuat crop circle sebenarnya kegiatan yang positif dan bukan kriminalistas. Dia pun memberikan apresiasi yang tinggi untuk para pencipta crop circle yang sempat dipercaya sebagai jejak 'UFO'. "Kreatifitasnya bagus sehingga menarik minat masyarakat," kata Chairil.

Menurut Chairil, pembuatan crop circle itu sama halnya seperti sebuah seni instalasi yang memanfaatkan media yang sangat besar yakni alam atau sawah. Kegiatan tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah dan juga bisa dihitung secara matematika.

"Yang berbeda hanya penerapan medianya apakah menggunakan alat atau memakai alam seperti sawah. Itu sama seperti ketika seseorang yang menutup patung Liberty di Amerika Serikat (AS). Dan saya tidak tahu apakah ini yang pertama di Indonesia atau bukan," ujar Chairil.

Chairil berharap, aksi itu telah terlebih dulu diawali dengan izin dari pemilik sawah. Kalaupun belum, UGM akan membantu memberi ganti rugi. "Penggunaan sawah itu sudah ada izin atau belum. Berapa hektar yang dipakai. Kalau itu benar mahasiswa MIPA dan sudah ketemu nanti, kita akan bantu ganti ruginya," kata Chairil.

Berita ini ditayangkan di http://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar