Jumat, 28 Januari 2011

Rektor UI-SU Bulgaria Sepakati MoU Kerjasama | Visijobs

Rektor UI-SU Bulgaria Sepakati MoU Kerjasama | Visijobs

(Visijobs-news) - Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Rusliwa Gumilar Soemantri dan rektor Sofia University (SU) Bulgaria Prof. Dr. Ivan Ilchev sepakat untuk menindaklanjuti MoU dengan kegiatan konkrit, antara lain pertukaran pengajar dan mahasiswa.

Selain itu juga kerjasama pertukaran kunjungan tim kesenian antar kedua universitas, serta pengembangan kegiatan dan program lain seperti riset bersama, demikian disampaikan Sekretaris III Sosial Kebudayaan, Protokol dan Konsuler Aditya Timoranto.

Kesepakatan tindaklanut atas MoU yang telah diteken di tahun 2010 itu dicapai dalam kunjungan kerja rektor UI ke Sofia University (SU) di St. Kliment Ohridski. Selama di SU, Prof. Soemantri memberikan presentasi mengenai UI, juga mengunjungi Centre of Oriental Languages and Cultures dimana diselenggarakan kelas Bahasa Indonesia.

Rektor UI didampingi oleh Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang dan Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Dr. Bambang Wibawarta dan diterima rektor SU bersama Dekan Fakultas Filologi Klasik dan Moderen Assoc. Prof. Petya Yaneva dan Direktur Hubungan Internasional Rumen Grigorov.

Pada kesempatan itu Dubes RI menyampaikan bahwa penandatanganan MoU kerjasama UI-SU dapat tercapai berkat kesungguhan dari kedua belah pihak. Digarisbawahi arti penting pendidikan bagi pembangunan Indonesia dan Bulgaria serta kontribusi positif kerjasama di bidang pendidikan, terutama kerjasama UI-SU, terhadap upaya untuk lebih mempererat hubungan dan kerjasama RI-Bulgaria.

Diharapkan MoU kerjasama UI-SU dapat mendorong lebih lanjut kelas Bahasa Indonesia di SU yang telah dibuka sejak 2009, demi meningkatkan ketertarikan dan pemahaman masyarakat Bulgaria terhadap Indonesia.

Berita ini ditayangkan di http://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar