Minggu, 27 Februari 2011

ISPO Anugerahi 197 Peneliti Muda Indonesia | Visijobs

ISPO Anugerahi 197 Peneliti Muda Indonesia | Visijobs

(Visijobs-Kampus Info) - Indonesia Science Project Olympiad (ISPO) menganugerahkan penghargaan kepada 197 peneliti muda Indonesia atas keberhasilannya melakukan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan penghargaan tersebut dimaksudkan untuk mencari peneliti muda yang nantinya ketika mereka dewasakan memberikan kontribusi positif terhadap Indonesia terutama dalam bidang teknologi. "Ini adalah investasi kita, mereka akan menjadi 'Einstein-Einstein' Indonesia di masa datang," ujarnya.

ISPO adalah sebuah kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh Pacific Countries Social and Economic Solidarity Association (Pasiad) Indonesia untuk menemukan peneliti muda Indonesia dengan kompetisi penelitian ilmu pengetahuan antar provinsi di Indonesia. Sementara itu, Ketua Dewan Juri ISPO 2011 Prof Dr Umar Anggara Jenie mengatakan,"ISPO memberikan kesempatan bagi mereka untuk membuktikan teori yang mereka dapatkan dibangku sekolah dengan penelitian".

Para peneliti muda itu berasal dari 94 sekolah menengah umum dari 19 provinsi di Indonesia. Dari 197 peneliti muda itu dipilih 39 peserta untuk mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Science Internasional. Mereka akan dikirim ke luar negeri seperti Amerika Serikat, Belanda, Rumania, Turki,Azerbaijan, Georgia dan Brasil. "Tahun depan, kami (ISPO) akan mengirimkan delegasi ke Swedia, Slovakia dan Korea Selatan," kata Davut Akbulut, Coordinator of Education of Pasiad Schools.

Saat ini jumlah proyek penelitian yang diterima ISPO sebanyak 170 proyek penelitian. Mereka melakukan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan Kimia,Fisika, Biologi, Lingkungan, Teknologi dan Komputer. "Bidang ilmu eksak atau pasti menjadi materi utama dibanding materi ilmu sosial dalam kompetisi di olimpiade internasional," ujar Davut.

Kegiatan tersebut didukung oleh Kementerian Pendidikan Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), BNI dan beberapa Universitas terkemuka di Indonesia. BNI memberikan hadiah Rp5 juta kepada 20 delegasi yang setiap delegasi diwakili dua peserta.


Berita ini ditayangkan di http://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar