Rabu, 30 Maret 2011

ITB menggelar Soemardja Award 2011 | Visijobs

ITB menggelar Soemardja Award 2011 | Visijobs

(Visijobs-Kampus Info) - Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB menggelar Soemardja Award 2011. Penobatan tersebut akan diberikan kepada mahasiswa terbaik serta seniman muda terbaik. Award akan dibagikan pada Jumat 1 April 2011.

Ada dua kategori penghargaan pada Soemardja Award ini, yaitu kategori 'Mahasiswa Terbaik' dan 'Seniman Muda Terbaik'.

Pada kategori Mahasiswa Terbaik, penghargaan diberikan kepada karya mahasiswa terbaik yang telah menempuh program pendidikan S1 di Fakultas Seni Rupa ITB dari empat jalur minat. Yakni Seni Lukis, Seni Grafis, Seni Patung dan Seni Keramik.

Sementara Soemardja Award kategori Seniman Muda Terbaik, diberikan kepada lulusan-lulusan Seni Rupa ITB di bawah usia 30 tahun yang telah menunjukkan kiprah serta reputasinya di medan sosial seni rupa Indonesia baik di kawasan regional maupun internasional.

Dua kategori penghargaan ini diberikan sebagai upaya untuk mengenang Sjafe'i Soemardja sebagai figur penting dalam sejarah pendidikan tinggi seni rupa. Selain itu penghargaan ini juga diberikan untuk meningkatkan semangat keprofesian seniman di kalangan calon seniman muda.

Soemardja Award I, untuk kategori 'Mahasiswa Terbaik', penghargaan diberikan dalam bentuk Trophy figur Syafe'i Soemardja, Sertifikat Galeri Soemardja dan uang tunai sebesar Rp 3 juta. Serta mendapat kesempatan untuk menggelar pameran tunggal di Galeri Soemardja dalam Program 2011.

Sementara Soemardja Award II untuk kategori 'Seniman Muda Terbaik', penghargaan diberikan dalam bentuk Trophy figur Syafe'i Soemardja, Sertifikat Galeri Soemardja, dan kesempatan untuk menggelar pameran tunggal di Galeri Soemardja dalam Program 2011. Pemberian award yang akan digelar Jumat (1/4/2011) pukul 19.30 WIB ini sekaligus menandai pembukaan pameran seluruh karya-karya para nominator Soemardja Award.

Nama Syafe'i Soemardja tidak bisa dilepaskan dari sejarah pendidikan Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung yang pada saat itu masih bernama Balai Pendidikan Universitas Guru Gambar. Tidak hanya berjasa dalam pengembangan pendidikan Seni Rupa di perguruan tinggi, sosok yang pada 10 November 2010 menerima Bintang Budaya Parama Dharma dari Pemerintah RI ini juga terpahat dalam sejarah ITB. Pada 2 Maret 1959 ia berperan sebagai Ketua Pelaksana Pendirian Institut Teknologi Bandung. Pendirian ITB pada 1959 diresmikan oleh Presiden Soekarno


Berita ini ditayangkan di htt://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar