Kamis, 03 Maret 2011

Lukisan Cerita Rakyat Dalam 3D | Visijobs

Lukisan Cerita Rakyat Dalam 3D | Visijobs

(Visijobs-Kampus Info) - Warisan cerita rakyat kini dihadirkan dalam lukisan 3 dimensi (3D). Cerita yang berasal dari Indonesia dikemas menarik dengan berbagai karikatur atraktif. Salah satunya tentang perjalanan hidup Ken Arok sebagai salah satu sosok yang diperhitungan dalam sejarah Kerajaan Kediri.

Upaya pelestarian kebudayaan ini dipamerkan mahasiswa jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) Universitas Kristen Petra Surabaya. Sebanyak 27 karya poster dan 3D dipajang di perpustakaan UK Petra Jalan Simokerto. "Berbagai hasil karya poster yang dipamerkan di sini merupakan hasil karya mahasiswa jurusan desain komunikasi visual dan jurusan desain interior, karena banyaknya karya mahasiswa yang menarik dan memiliki nilai kebudayaan," kata petugas perpustakaan UK Petra, Petrus J. Pranowo.

Seperti halnya cerita rakyat, lanjut dia, berbagai desain PATRA yang bermotif batik juga dipamerkan. Menurutnya, sangat disayangkan bila gaya baru pembelajaran cerita rakyat ini tidak ditampilkan. Dengan begitu, diharapkan para generasi muda kini semakin tertarik dengan cerita rakyat yang telah lama tenggelam.

Di samping karya 3D, sebanyak 20 desain PATRA Nusantara juga menghiasi perpustakaan yang berada di lantai VI. Salah satunya, poster 3D berjudul Ken Arok dan Ken Dedes yang merupakan cerita rakyat asal Jatim. Setelah pembukaan tanggal 1 Maret lalu, pameran ini rencananya digelar hingga 1 April 2011. Karya-karya yang dipamerkan mencerminkan kekayaan budaya nusantara yang di visualisasikan secara menarik dengan penuh warna dalam bentuk media poster 2 dimensi dan 3 dimensi.


Berita ini ditayangkan di http://www.visjobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar