Senin, 18 April 2011

Mahasiswa Unibraw Ciptakan Energi Listrik | Visijobs

Mahasiswa Unibraw Ciptakan Energi Listrik | Visijobs


(Visijobs-Kampus Info) - Para pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Desa Sumberbendo, Kabupaten Madiun mendapat kesempatan untuk mengkuti kegiatan diseminasi teknologi bioelektrik dari Mahasiswa Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang. Teknologi ini merupakan bagian dari upaya pemecahan masalah energi yang ada di desa tersebut.

Diseminasi teknologi bioelektrik oleh Mahasiswa Fateta Unibraw ini, merupakan teknologi bioelektrik yang memanfaatkan kotoran ternak Sapi untuk diambil gas metanya (biogas) yang kemudian bisa digunakan sebagai bahan bakar genset.

Kotoran Sapi ditampung dalam biodegester, kemudian akan terjadi fermentasi sehingga akan menghasilkan gas metan, gas tersebut kemudian dimurnikan dengan teknologi pemurnian yang memanfaatkan arang aktif sebagai bahan utamanya.

Selanjutnya gas tersebut disimpan dalam penampung gas untuk kemudian dialirkan ke generator set / genset. Menurut Taufiq (Koordinator Program) mengatakan bahwa, program ini ditujukan untuk memberikan wawasan akan potensi limbah yang selama ini belum termanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat, terutama di Desa Sumberbendo, Kabupaten Madiun.

Berita ini ditayangkan di http://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar