Kamis, 29 September 2011

5 Tips untuk Tetap Sehat & Bugar di Hari Kerja


(Visijobs-Tips & Career) - Makan di meja kantor atau duduk dengan posisi bungkuk merupakan beberapa kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan saat di kantor. Dan tentunya, hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan, seperti tingkat energi yang berkurang serta perubahan postur tubuh.

Agar tidak terjadi pada Anda, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengurangi kebiasaan buruk di kantor. Seperti yang dikutip dari danone, berikut lima tips untuk menyiasati kebiasaan buruk tersebut.

1.Buat Daftar
Kedengarannya memang sederhana, namun membuat daftar pekerjaan sangat bermanfaat. Dengan adanya daftar pekerjaan, Anda bisa menghindari stres akibat tugas yang menumpuk. Untuk hasil yang lebih maksimal, usahakan mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu.

2. Ganti Kursi Anda
Tidak sedikit perusahaan yang mengizinkan karyawannya mengganti tempat duduk dengan stability ball, bola yang biasa digunakan untuk berolahraga. Jika perusahaan Anda salah satunya, jangan ragu untuk menggunakannya. Stability ball berguna untuk membantu mendapatkan keseimbangan saat duduk, yang pada akhirnya merangsang Anda untuk duduk dengan postur tegak.

3. Berjalan
Buat darah Anda mengalir tanpa hambatan dengan berjalan-jalan di kantor selama setengah jam atau lebih. Bahkan berjalan selama lima menit saja sudah bisa membuat perbedaan pada tingkat energi dan membuat Anda lebih produktif.

4. Makan
Hindari melewatkan jam makan siang. Perut yang lapar dan energi yang turun drastis hanya akan membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi kerja. Sebaiknya jadwalkan makan siang dengan teratur dan makanlah beberapa camilan sehat seperti buah, kacang-kacangan atau yoghurt. Bagi Anda yang berpuasa, pastikan santapan sahur Anda mengandung gizi dan nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral agar tidak lemas saat kerja di siang hari.

5. Olahraga
Berolahraga di sela-sela kegiatan kantor ternyata memberikan dampak postif bagi kinerja Anda. Sebuah penelitian yang diikuti oleh 210 pekerja di Inggris menemukan bahwa, mereka yang melakukan yoga atau aerobik di waktu istirahat memiliki peningkatan pada manajemen waktu, produktivitas dan mental yang lebih baik. Ini membuat Anda menjadi tidak mudah stres dan bersemangat sepanjang hari.

TIps-tips menarik lainnya hanya di http://visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar