Rabu, 20 April 2011

Tips Atasi 'Pengganggu' di Kantor | Visijobs

Tips Atasi 'Pengganggu' di Kantor | Visijobs


(Visiobs-Tips Career) - Politik di tempat kerja merupakan kenyataan yang tak bisa dihindari. Anda pun menjadi bagian dalam permainan. Jika salah bertindak Anda bisa menjadi korban.

Berikut beberapa tips agar Anda muncul sebagai pemenang tanpa bermain kotor:

1. Mengamati
Seringkali orang-orang yang menyadari dinamika di lingkungan bekerja mereka, berakhir menjadi korban politik kantor. "Hal pertama yang harus dilakukan adalah waspada. Ukur kekuatan orang lain dan kelemahannya dan ketahuilah kelemahan mereka meskipun mereka kelompok pengganggu terberat," kata Deepti Baliga, pelatih perilaku dan psikolog.

2. Tunjukkan Kinerja
Jika bos Anda atau rekan Anda meremehkan Anda, perlihatkan dengan pengetahuan dan kinerja Anda. Namun, dalam kasus yang keluar dari dugaan, DJ Chakravorty, mempunyai saran. "Jika Anda memiliki masalah dengan atasan Anda, mengeluh kepadanya atau senior Anda bukan solusinya. Sebaliknya, tunggu waktu yang tepat untuk bicara dari hati ke hati dengan dia. Jelaskan bagaimana perasaan Anda dan tanyakan apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan agar Anda lebih baik".

3. Jangan Putuskan Relasi
Bangun lah relasi Anda di kantor. "Tiada teman atau musuh yang abadi," jelas Baliga. Dalam setiap perusahaan, orang saling mengenal satu sama lain dan Anda bekerja bukan untuk kerluarga. "Jangan emosional, jangan mempercayai orang sepenuhnya dan tetapkan batas-batas Anda sejak awal."

4. Berteman dengan Saingan
Dalam hal ini 'saingan' Anda bisa berarti atasan atau rekan kerja Anda. "Dengan berteman dengan 'pengganggu', Anda cenderung melucuti senjata mereka. Karena mereka tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Anda, mereka akan kehilangan minat dalam permainan," jelas Baliga. Tetapi ketika ada masalah dengan rekan kerja atau tim, sangat penting untuk melibatkan pemimpin.

5. Berhenti Mengeluh
Kebanyakan 'korban' politik kantor memilih untuk berhenti dari pekerjaan mereka atau mencari pilihan lain dengan harapan menemukan tempat kerja yang ideal, ini adalah mimpi. "Seperti orang-orang yang beralih pekerjaan dan kadang-kadang menghadapi masalah harga diri. Yang penting adalah untuk menyadari bahwa setiap tempat kerja memiliki politik dan Anda harus belajar untuk menangani dengan cara yang benar," kata Baliga.

6. Jangan Bergosip
Dalam lingkungan kantor, semuanya datang di sekitar Anda termasuk gosip-gosip yang beredar. Namun berhati-hatilah dengan gosip tersebut. Asisten Manager, Sharmistha Deb, mengatakan, "Selalu penting untuk bereaksi hanya setelah Anda mendapatkan fakta yang benar".

Tips-tips lainnya dapat dilihat di http://www.visijobs.com/beta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar